Komparasi Peningkatan Hasil Belajar Tentang Garis dan Sudut dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Rotating Trio Exchange Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue.

Suaib, Suaib (2015) Komparasi Peningkatan Hasil Belajar Tentang Garis dan Sudut dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan Tipe Rotating Trio Exchange Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Archive
Skripsi.zip

Download (28MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar pada model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dan model pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue dengan mengacu pada N-Gain. Pada penelitian ini dipilih secara random unit eksperimen sebanyak dua kelas dari empat kelas VII SMP Negeri 3 Duapitue tahun ajaran 2013/2014 semester genap. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes kemampuan awal (pretest) pada awal pertemuan dan tes hasil belajar (posttest) pada akhir pertemuan, lembar observasi untuk mengamati keterlaksanaan pembelajaran. Data tersebut dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistik deskriptif adalah sebagai berikut : (1) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) pada kelas esperimen 1 adalah 3,68, berada dalam kategori sangat rendah, dengan standar deviasi 5,76426, nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi adalah 29 dari skor ideal 100. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) adalah 63,32, berada dalam kategori sedang, dengan standar deviasi 14,3664, nilai terendah adalah 27 dan nilai tertinggi adalah 80 dari skor ideal 100. Selain itu, nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,62 yang berada pada kategori sedang. (2) Rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) pada kelas esperimen 2 adalah 5,4583, berada dalam kategori sangat rendah, dengan standar deviasi 4,10704, nilai terendah adalah 0 dan nilai tertinggi adalah 12 dari skor ideal 100. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) adalah 54,0417, berada dalam kategori rendah, dengan standar deviasi 19,83953, nilai terendah adalah 24 dan nilai tertinggi adalah 94 dari skor ideal 100. Selain itu, nilai rata-rata gain ternormalisasi siswa sebesar 0,51 yang berada pada kategori sedang.(3) Rata-rata persentase keterlaksanaan pada kelas eksperimen 1 menunjukkan 98,12% terlaksana dengan baik, berada dalam kategori sangat tinggi. (4) Rata-rata persentase keterlaksanaan pada kelas eksperimen 1 menunjukkan 97,9% terlaksana dengan baik, berada dalam kategori sangat tinggi. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat lebih peningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi garis dan sudut dari pada penerapan pembelajaran kooperatif tipe Rotating Trio Exchange pada kelas VII SMPN 3 Duapitue.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 08:13
Last Modified: 01 Mar 2018 08:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item