Pengaruh Pendekatan Induktif-Deduktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab Sinjai

Mutmainnah, Mutmainnah (2013) Pengaruh Pendekatan Induktif-Deduktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab Sinjai. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) deskripsi hasil belajar matematika siswa Kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab. Sinjai, sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif, (2) deskripsi hasil belajar matematika siswa Kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab. Sinjai, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif, (3) apakah deskripsi hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif lebih baik daripada hasil belajar matematika sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif pada siswa Kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab. Sinjai. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD Negeri 30 Tongke-Tongke, Kab. Sinjai pada semester genap 2012/2013 dan dipilih 1 kelas dari 2 kelas secara simple random sebagai unit eksperimen penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistika deskriptif dan inferensial. Hasil yang diperoleh dari analisis statistika deskriptif adalah sebagai berikut: (1) hasil belajar matematika siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif dapat dikatakan sangat rendah dengan rata-rata skor hasil belajarnya 32,23 dengan standar deviasi 13,420 dibandingkan dengan (2) hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif dapat dikatakan tinggi dengan rata-rata 77,50 dengan standar deviasi 18,873. (3) Dari hasil analisis statistika inferensial diperoleh nilai Pvalue = 0,000 < 0,05 dari nilai α sehingga H0 ditolak atau hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif lebih baik dibanding sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif lebih baik dibanding hasil belajar matematika siswa sebelum mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan induktif-deduktif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 07:59
Last Modified: 01 Mar 2018 07:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5167

Actions (login required)

View Item View Item