Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and Share).

Friska, Novita S (2014) Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and Share). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Friska Novita S..docx

Download (11kB)

Abstract

ABSTRAK Friska Novita S. 2014. Keefektifan Pembelajaran Matematika Realistik Setting Kooperatif Tipe TPS (Think Pair and Share). Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: (1) memperoleh informasi mengenai keterlaksanaan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) pada peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba, (2) memperoleh informasi mengenai aktivitas pembelajaran matematika peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba sesudah diajar dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe TPS, (3) memperoleh informasi tentang respon siswa sesudah diajar menggunakan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba, (4) memperoleh informasi mengenai hasil belajar matematika peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba sebelum dan sesudah diajar dengan model pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe TPS, (5) memperoleh informasi mengenai keefektifan pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe TPS pada peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas VI SD Negeri 5 Appaserenge Bulukumba pada tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 1 kelas, sehingga kelas tersebut dijadikan sebagai kelas eksperien. Hipotesis penelitian ini adalah (1) Hasil belajar matematika setelah pembelajaran kooperatif tipe TPS lebih baik dibanding sebelum penerapan model pembelajaran tersebut, (2) Keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe TPS berada pada kategori cukup efektif. Instrumen penelitian yang digunakan memenuhi kriteria valid yang terdiri dari tes hasil belajar matematika sebanyak 5 butir soal essay, angket keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, angket aktivitas belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis menunjukkan bahwa pembelajaran matematika realistik setting kooperatif tipe TPS lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Kata kunci: Matematika Realistik, Setting Kooperatif, TPS (Think, Pair and Share), hasil belajar matematika dan keefektifan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:36
Last Modified: 28 Apr 2016 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/516

Actions (login required)

View Item View Item