Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar.

Fitriani, Fitriani (2014) Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fitriani, 2014..docx

Download (15kB)

ABSTRAK Fitriani, 2014. Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) Pada Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar melalui penerapan model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) semester genap tahun ajaran pelajaran 2014/2015 dengan subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Siklus I dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan dan siklus II dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi aktivitas siswa, lembar keterlaksanaan pembelajaran serta respons siswa terhadap pembelajaran yang diterapkan. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I banyaknya siswa yang skor matematikanya mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan disekolah adalah 6 siswa atau 20,00% dengan rata-rata 51,63. Pada siklus II banyaknya siswa yang tes hasil belajar matematikanya mencapai KKM matematika yang telah ditetapkan di sekolah adalah 24 siswa atau 80,00% dengan rata-rata 81,33. Hasil observasi kegiatan proses belajar matematika menunjukkan adanya perubahan sikap siswa antara lain siswa menjadi lebih aktif dalam proses belajar, keberanian siswa bertanya tentang materi pelajaran yang belum dimengerti dan menjawab pertanyaan mengalami peningkatan. Keterlaksanaan proses belajar mengajar yang dilakukan oleh guru setiap pertemuan mengalami perubahan kearah yang positif. Seluruh siswa memberikan respons positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan model Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pembelajaran matematika kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Makassar meningkat melalui model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Kata Kunci : Kualitas pembelajaran, model Kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:36
Last Modified: 28 Apr 2016 03:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item