Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri Bungoro Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Nurdin Arsyad).

Firdha, Razak (2014) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri Bungoro Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Nurdin Arsyad). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
FIRDHA RAZAK. 2014.docx

Download (14kB)

FIRDHA RAZAK. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri Bungoro Kabupaten Pangkep (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Nurdin Arsyad).Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar mempengaruhi hasil belajar matematika siswa kelas X SMK Negeri Bungoro Kab. Pangkep. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh SMK Negeri di Kecamatan Bungoro Kab. Pangkep tahun ajaran 2013/2014 (studi pada siswa kelas X). Penentuan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan metode random cluster sampling. Sampel yang terpilih adalah dua sekolah negeri yang ada di Kecamatan Bungoro, yakni SMK Negeri 1 Bungoro dan SMK Negeri 2 Bungoro dengan jumlah masing-masing siswa kelas X adalah 30 dan 32 orang. Variabel dalam penelitian ini, yaitu: (1) variabel bebas yang terdiri atas model pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar siswa, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar matematika siswa. Model pembelajaran kooperatif yang dimaksud dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Sedangkan motivasi belajar yang dimaksud adalah motivasi tinggi dan motivasi rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar, dan tes hasil belajar matematika. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan analisis varian satu jalur (One-Way ANOVA). Terdapat perbedaan antara model pembelajaran koooperatif pada setiap motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/514

Actions (login required)

View Item View Item