Keefektifan Model Discovery learning dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta didik Kelas VIII SMP Darul Aman Makassar

Alimuddin, Fauziyyah (2015) Keefektifan Model Discovery learning dengan Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran Matematika pada Peserta didik Kelas VIII SMP Darul Aman Makassar. Diploma thesis, FMIPA.

[img] Text
BAB I-III.docx

Download (71kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model discovery learning dengan pendekatan scientific Kelas VIII SMP Darul Aman Makassar dengan mengacu pada tiga kriteria efektivitas pembelajaran, yaitu hasil belajar peserta didik, aktivitas peserta didik dan respons peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pre eksperimen yang melibatkan satu kelompok yang diberi perlakuan. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas VIII SMP Darul Aman Makassar pada semester genap tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 9 kelas dan dipilih 1 kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar (pretest dan posttest), lembar observasi aktivitas peserta didik, dan angket respons peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistika deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif menunjukkan: (1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model discovery learning dengan pendekatan scientific sebesar 89.28% (terlaksana dengan baik), (2) rata-rata hasil kemampuan awal peserta didik (pretest) yaitu 16,04 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar peserta didik (posttest) yaitu 77,74 berada pada kategori tinggi, (3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni sebesar 90,33% (28 peserta didik) mencapai ketuntasan individu, (4) rata-rata gain ternormalisi sebesar 0,7 (kategori tinggi), (5) rata-rata persentase aktivitas peserta didik sebesar 85,43% terlaksana dengan baik, (6) rata-rata persentase peserta didik yang memberi respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran sebesar 88,38%. Hasil analisis inferensial menunjukkan: (1) nilai rata-rata peserta didik yang diajar dengan model discovery learning dengan pendekatan scientific lebih besar dari 69,9 (KKM), (2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,29 (kategori sedang), (3) terdapat perbedaan secara signifikan hasil belajar matematika sebelum dan setelah penggunaan model discovery learning dengan pendekatan scientific, (4) proporsi peserta didik yang mencapai nilai KKM 70 lebih dari 74,9%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model discovery learning dengan pendekatan scientific efektif digunakan pada peserta didik Kelas VIII SMP Darul Aman Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:13
Last Modified: 01 Mar 2018 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5132

Actions (login required)

View Item View Item