Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Pencapaian Penguasaan Konsep dan Peningkatan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sengkang

PAWEROI, MAHDY (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah dalam Upaya Pencapaian Penguasaan Konsep dan Peningkatan Motivasi Berprestasi Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Sengkang. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
tesis.docx

Download (2MB)

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah: (1)memperoleh informasi tentang kualitas perangkat pembelajaran berbasis masalah dalam upaya pencapaian penguasaan konsep fisika dan peningkatkan motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sengkang, (2)mengetahui keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis masalah, (3)mengungkapkan seberapa besar pencapaian penguasaan konsep fisika siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sengkang dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah, (4)mendeskripsikan seberapa besar pencapaian peningkatan motivasi berprestasi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Sengkang dengan penerapan pembelajaran berbasis masalah. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Produk tersebut terdiri dari 4 komponen, yakni(1) RPP; (2) Bukubacaan peserta didik; (3) Lembar kerja peserta didik; (4) Tes penguasaan konsep.Proses pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan.Ujicoba dilakukan di SMA Negeri 1 SengkangKabupaten Wajo pada peserta didik kelas XI IPA 1. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan perangkat pembelajaran fisika yang valid dan reliabel. Sebagai implikasi yang diperoleh dari perangkat ini, disarankan: (1) kepada pendidik Fisika untuk dapat menggunakan perangkat ini pada materi Fluida, (2) untuk keperluan pengembangan selanjutnya, pendidik diharapkan dapat mengembangkan sendiri perangkat pembelajaran (RPP, buku bacaan peserta didik, lembar kerja peserta didik dan tes penguasaan konsep) yang disesuaikan dengan pembelajaran berbasis masalah. Sehingga peserta didik akan lebih termotivasi dan memiliki kemampuan dalam proses pemecahan masalah serta dapat mengkonstruksi sendiri ide/ pengetahuannya.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 06:08
Last Modified: 01 Mar 2018 06:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5130

Actions (login required)

View Item View Item