Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SD dalam memecahkan masalah pembagian pecahan serta penyebab siswa melakukan kesalahan

Fadillah anriani, achmad (2014) Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SD dalam memecahkan masalah pembagian pecahan serta penyebab siswa melakukan kesalahan. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Fadillah anriani achmad.docx

Download (11kB)

Abstrak Artikel ini ditulis untuk mendeskripsikan kesalahan yang dilakukan siswa kelas V SD dalam memecahkan masalah pembagian pecahan serta penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut. Data penelitian diperoleh dari hasil tes diagnostik dan wawancara. Data dianalisis dengan teknik analisis Miles dan Hubberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan prosedur dan interpretasi bahasa dilakukan oleh subjek dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah. Kesalahan konsep umumnya dilakukan oleh subjek dengan kemampuan rendah. Subjek dengan kemampuan tinggi tidak melakukan kesalahan operasi. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan masalah pembagian pecahan, meliputi: kurangnya penguasaan keterampilan prasyarat, kekakuan berpikir, serta penerapan hukum atau strategi yang tidak relevan. Kata Kunci: Analisis, Kesalahan, Masalah, Pembagian Pecahan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item