Ahmad Yasser M. & Dian Novita Siswanti (2015). Terapi spiritual emotional freedom technique untuk menurunkan kesepian pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak

Zulfiana, Andi (2015) Ahmad Yasser M. & Dian Novita Siswanti (2015). Terapi spiritual emotional freedom technique untuk menurunkan kesepian pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak. S1 thesis, PSIKOLOGI.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan terapi spiritual emotion freedom technique (SEFT) terhadap penurunan tingkat kesepian pada remaja di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) X. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini yaitu ada perbedaaan penurunan kesepian antara kelompok eksperimen yang diberi perlakuan SEFT dengan kelompok kontrol, kelompok eksperimen memiliki tingkat kesepian yang lebih rendah dibandingkan kelompok kontrol. Subjek penelitian ini adalah 16 orang, yang semuanya mengalami kesepian kategori sedang dan rendah, dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu 8 subjek kelompok eksperimen dan 8 subjek kelompok kontrol secara random. Rancangan eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah randomized control group pretest-posttest design. Alat ukur yang digunakan adalah loneliness scale. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purpossive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan Mann Whitneyy U- test dengan bantuan program SPSS for windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kesepian antara kelompok remaja yang diberikan terapi SEFT dengan kelompok remaja yang tidak diberikan terapi SEFT di LKSA tersebut. Kelompok eksperimen mengalami penurunan tingkat kesepian setelah diberikan terapi SEFT, sedangkan pada kelompok kontrol tidak mengalami penurunan tingkat kesepian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PSIKOLOGI
Divisions: FAKULTAS PSIKOLOGI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 01 Mar 2018 05:36
Last Modified: 01 Mar 2018 05:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5116

Actions (login required)

View Item View Item