Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SD Kelas IV Negeri 32 Sela Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. (Dibimbing oleh Muhammad Darwis M dan Djadir)

Erni, Erni (2014) Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SD Kelas IV Negeri 32 Sela Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. (Dibimbing oleh Muhammad Darwis M dan Djadir). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ERNI. 2014..docx

Download (13kB)

ABSTRAK ERNI. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Operasi Hitung Bilangan Bulat Melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa SD Kelas IV Negeri 32 Sela Kabupaten Pangkajene dan kepulauan. (Dibimbing oleh Muhammad Darwis M dan Djadir) Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan operasi hitung bilangan bulat siswa kelas IV SD Sela Kabupaten pangkajene dan Kepulauan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah dengan penerapan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 32 Sela Kabupaten Pangkajene dan kepulauan?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 32 Sela Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Manfaat penelitian yaitu a) Meningkatkan minat siswa dalam mempelajari operasi hitung bilangan, interaksi siswa dalam pembelajaran, dan prestasi belajar untuk materi operasi hitung bilangan b) Meningkatkan kemampuan guru dalam memberikan pelayanan terhadap anak didik dan kreativitas pembelajaran yang inovatif dan berkualitas c) Memberikan kontribusi mutu pendidikan siswa terutama dalam pembelajaran matematika d) Menambah literatur model pembelajaran dan pendekatan untuk dapat dikembangkan dalam upaya menciptakan pembelajaran yang kooperatif e) Menciptakan kondisi yang kondusif sebagai lembaga formal pendidikan dalam masyarakat. Penelitian ini adalah tindakan kelas yang berdaur ulang/siklus, yaitu meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini adalah data aktivitas guru dan siswa, hasil belajar siswa tentang bilangan bulat, dan respons siswa dalam pembelajaran. Teknik pengumpulan datanya dengan tes, observasi, dan dokumentasi, dan angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan yang berarti, baik pada aktivitas guru maupun siswa. Peningkatan itu dapat dilihat pada setiap siklus. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 32 Sela Kabupaten pangkajene dan kepulauan. Saran agar menggunakan pendekatan kontekstual sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung bilangan bulat pada siswa kelas IV SD Negeri 32 Sela Kabupaten pangkajene dan kepulauan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item