Keefektifan Model Pembelajaran Kopertif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.

Eman Wahyudi, Kasim (2014) Keefektifan Model Pembelajaran Kopertif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Eman Wahyudi, Kasim.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Eman Wahyudi Kasim.2014. Keefektifan Model Pembelajaran Kopertif Tipe Jigsaw Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 29 Bulukumba. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk (1) Mengetahui keefektifan model pembelajaran koperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 29 Bulukumba . (2) Mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII SMPN 29 Bulukumba setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual tahun ajaran 2013/2014 Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 29 Bulukumba. Sedangkan unit eksperimen dalam penelitian ini adalah kelas VII.1 SMP Negeri 29 Bulukumba dengan jumlah siswa 30 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar yang berdasarkan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa berdasarkan kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang diterapkan di SMPN 29 Bulukumba menunjukkan bahwa persentase siswa yang tuntas secara klasikal sebesar 90,00 %>80%. maka dapat disimpulkan bahwa secara deskriptif hasil belajar matematika siswa kelas VII 1 yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw memenuhi kriteria keefektifan Hasil analisis statistikal menunjukkan bahwa nilai rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa, setelah diadakan uji perbedaan rata-rata diperoleh nilai mean difference = 0,701 > 0, maka secara statistik hipotesis H0 ditolak atau H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa Terjadi peningkatan hasil belajar matematika siswa setelah diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan pendekatan kontekstual Kata kunci : Jigsaw Cooperative Learning , Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 28 Apr 2016 03:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item