Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Strategi CBSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada SMPN. 28 Satap Salenrang (dibimbing oleh Muris dan Rahmini Hustim).

Fitriani, Fitriani (2014) Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Strategi CBSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada SMPN. 28 Satap Salenrang (dibimbing oleh Muris dan Rahmini Hustim). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
FITRIANI. 2014.docx

Download (15kB)

ABSTRAK Fitriani. Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dengan Strategi CBSA untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika pada SMPN. 28 Satap Salenrang (dibimbing oleh Muris dan Rahmini Hustim). Penelitian ini merupakan penelitian pra eksperimen (pre-eksperimental design), dimana produk yang diperoleh adalah perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Produk tersebut adalah: (1) rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) lembar kegiatan peserta didik (LKPD), (3) lembar keterlaksanaan perangkat pembelajajaran, dan (4) tes kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini menggunakan desain One-Group Pretest-Postest untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep fisika pada pokok bahasan getaran dan gelombang, setelah diajar dengan menggunakan model pembelajaran Probing Prompting. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN. 28 Satap Salenrang kelas VIIIA. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif, dan uji N-Gain. Statistik deskriptif digunakan untuk mendeskripsikan karakteristik distribusi skor kemampuan pemahaman konsep fisika sedangkan uji N-Gain digunakan untuk mengetahui besarnya peningkatan pemahaman konsep fisika setelah penerapan model pembelajaran Probing-Prompting. Komponen perangkat pembelajaran yang meliputi RPP, LKPD, lembar keterlaksanaan perangkat pembelajaran, dan tes pemahaman konsep fisika memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian tim ahli dan hasil ujicoba. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan uji N-Gain, dikemukakan bahwa terjadi peningkatan pemahaman konsep fisika setelah diajar model pembelajaran Probing Prompting dengan kategori peningkatan sedang. Kata kunci: Probing Prompting, Pemahaman Konsep Fisika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: ?? sch_phy ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:35
Last Modified: 02 Nov 2016 10:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/508

Actions (login required)

View Item View Item