Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN

Baharuddin, Baharuddin (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAHARUDDIN 2014.docx

Download (12kB)

ABSTRAK BAHARUDDIN 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Materi Segiempat Berbasis Kooperatif Tipe STAD dengan Metode Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas VII MTsN (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Muh. Darwis M).Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing di MTsN. Pengembangan perangkat pembelajaran meliputi rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), buku siswa (BS), dan lembar kegiatan siswa (LKS) yang sesuai dengan pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing yang valid, praktis, dan efektif.Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran ini mengacu pada model pengembangan Plomp, yang terdiri dari lima fase yaitu; (1) fase investigasi awal (prelimenary investigation), (2) fase desain (design), (3) fase realisasi/konstruksi (realization/construction), (4) fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), dan (5) fase implementasi (implementationi).Hasil pengembangan perangkat pembelajaran matematika materi segiempat berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing menunjukkan bahwa (1) secara umum keseluruhan komponen perangkat pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing (prototype I) dinyatakan valid. Hasil analisis validasi RPP mean = 4,12 (Valid), buku siswa mean = 4,16 (Valid), dan LKS mean = 4,18 (Valid), (2) secara umum hasil uji coba terbatas prototipe II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanaan perangkat pembelajaran berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing selama uji coba adalah mean = 4,19 (sangat baik) dengan R = 83,6 atau reliabel, (3) secara umum hasil ujicoba terbatas prototip II telah memenuhi kriteria kepraktisan. Hasil pengamatan selama pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing adalah; (a) kemampuan guru mengelola pembelajaran matematika berbasis kooperatif tipe STAD dengan metode penemuan terbimbing x ̅ = 3,62 (tinggi) dengan R = 78,5 (reliabel) (b) aktivitas siswa telah memenuhi interval waktu ideal yang telah ditentukan, (c) persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap kegiatan pembelajaran adalah 99,40, persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap buku siswa adalah 98,98, dan persentase respon positif rata-rata total siswa terhadap LKS adalah 98,86, (d) hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan total 90,91%, artinya hasil belajar siswa memenuhi syarat ketuntasan individual yaitu minimal 70 dan ketuntasan secara klasikal minimal 75% dari nilai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:34
Last Modified: 28 Apr 2016 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/504

Actions (login required)

View Item View Item