Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Asesmen Menurut Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Pokok Statistika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Polewali.

Ayu Rahayu, Makmur (2014) Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Asesmen Menurut Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Pokok Statistika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Polewali. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Ayu Rahayu Makmur, 2014..docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK Ayu Rahayu Makmur, 2014. Analisis Kemampuan Kognitif Siswa Berdasarkan Asesmen Menurut Revisi Taksonomi Bloom pada Materi Pokok Statistika Kelas XI IPA di SMA Negeri 3 Polewali. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan kognitif siswa berdasarkan asesmen menurut Revisi Taksonomi Bloom pada materi pokok statistika. Subjek penelitian ini adalah 36 siswa kelas XI IPA2 di SMA Negeri 3 Polewali. Data diperoleh dengan menggunakan instrumen penelitian yaitu tes hasil belajar sesuai dengan Revisi Taksonomi Bloom pada materi statistika. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada pengetahuan faktual persentase kemampuan proses kognitif siswa mulai dari persentase tertinggi hingga yang terendah adalah jenjang kemampuan C1 (mengingat) sebesar 72,22%, C2 (memahami) sebesar 66,67%, C3 (mengaplikasikan) sebesar 47,22%, C6 (mengkreasi) sebesar 27,22%, C4 (menganalisis) sebesar 19,44%, dan terakhir C5 (mengevaluasi) sebesar 13,89%; (2) pada pengetahuan konseptual persentase kemampuan proses kognitif siswa mulai dari persentase tertinggi hingga yang terendah adalah jenjang kemampuan C1 (mengingat) sebesar 80,55%, C2 (memahami) sebesar 75%, C3 (mengaplikasikan) sebesar 41,67%, C4 (menganalisis) sebesar 36,11%, C6 (mengkreasi) sebesar 26,11%, dan terakhir C5 (mengevaluasi) sebesar 19,44%; (3) pada pengetahuan prosedural persentase kemampuan proses kognitif siswa mulai dari persentase tertinggi hingga yang terendah adalah jenjang kemampuan C1 (mengingat) sebesar 52,78%, C2 (memahami) sebesar 47,22%, C3 (mengaplikasikan) sebesar 36,11%, C4 (menganalisis) sebesar 33,33%, C6 (mengkreasi) sebesar 23,89%, dan terakhir C5 (mengevaluasi) sebesar 13,89%; (4) pada pengetahuan metakognitif persentase kemampuan proses kognitif siswa mulai dari persentase tertinggi hingga yang terendah adalah jenjang kemampuan C1 (mengingat) sebesar 48,61%, C2 (memahami) sebesar 42,36%, C3 (mengaplikasikan) sebesar 39,58%, C4 (mengaplikasikan) sebesar 23,33%, C5 (mengevaluasi) sebesar 22,22%, dan terakhir C6 (mengkreasi) sebesar 20%. Kata Kunci: Kemampuan Kognitif, Revisi Taksonomi Bloom

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:34
Last Modified: 28 Apr 2016 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/503

Actions (login required)

View Item View Item