“Strategi Guru PPKn Merumuskan Materi Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang”

SURIANAH, SURIANAH (2015) “Strategi Guru PPKn Merumuskan Materi Pembelajaran PPKn Di SMA Negeri 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang”. S1 thesis, FIS.

[img] Text
5.BAB I.docx

Download (20kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengenai 1). Strategi guru PPKn merumuskan materi pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. 2). Kendala-kendala guru PPKn merumuskan materi pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. 3). Upaya guru PPKn dalam mengatasi kendala guru PPKn dalam merumuskan materi pembelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Anggeraja Kecamatan Anggeraja Kabupaten Enrekang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dimana sampel diambil dari keseluruhan populasi yaitu guru PPKn di SMA Negeri 1 Anggeraja yang berjumlah 2 orang. Teknik pengumpulan data penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Strategi guru PPKn dalam merumuskan/menyusun materi pembelajaran PPKn, yakni; dengan mempertimbangkan struktur keilmuan, menentukan materi pembelajaran dengan memperhatikan kesesuaian standar kompetensi dan kompetensi dasar yang harus dicapai, dan menyesuaikan materi pembelajaran dengan kebutuhan, potensi dan perkembangan peserta didik. 2). Kendala yang dihadapi guru PPKn dalam merumuskan/menyusun materi pembelajaran PPKn adalah a) Kurangnya sarana dan prasarana di sekolah seperti buku referensi, b) Tidak tersedianya Internet di rumah, c) Kerumitan penyusunan materi pembelajaran yang sesuai dengan struktur keilmuan, d) Penyesuaian materi ajar terhadap karakter peserta didik yang berbeda-beda. 3). Upaya guru PPKn SMA Negeri 1 Anggeraja dalam mengatasi kendala-kendala dalam perumusan/penyusunan materi pembelajaran PPKn yaitu dengan a) Berupaya menyesuaikan materi pembelajaran dengan sumber-sumber yang ada, b) Membeli sendiri buku-buku referensi, c) Menyesuaikan materi ajar yang sesuai dengan struktur keilmuan, d) Menyesuaikan materi ajar terhadap karakter peserta didik yang berbeda-beda, dan e) Bertukar pendapat/berdiskusi mengenai masalah yang mereka hadapi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:28
Last Modified: 27 Feb 2018 05:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5010

Actions (login required)

View Item View Item