Pengembangan Asesmen Aspek Afektif dan Psikomotorik Pada Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Benteng Selayar. (Dibimbing oleh Muhammad Tawil dan Muris).

ANDI, MURTI (2014) Pengembangan Asesmen Aspek Afektif dan Psikomotorik Pada Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Benteng Selayar. (Dibimbing oleh Muhammad Tawil dan Muris). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ANDI MURTI. 2014.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ANDI MURTI. 2014. Pengembangan Asesmen Aspek Afektif dan Psikomotorik Pada Pelajaran Fisika di SMA Negeri 1 Benteng Selayar. (Dibimbing oleh Muhammad Tawil dan Muris). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development), penelitian ini bertujuan untuk (a) mengembangkan asesmen aspek afektif pada praktikum fisika, (b) mengembangkan asesmen aspek psikomotorik pada praktikum fisika. Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Benteng Selayar Tahun Pelajaran 2013/2014. Pengembangan asesmen yang digunakan mengacu pada model Plomp (1997) yang terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) investigasi awal, (2) perencanaan (design), (3) realisasi/rekonstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi.. Produk yang dikembangkan meliputi : (1) rubrik asesmen aspek psikomotorik, (2) lembar kerja peserta didik (LKPD), (3) rubrik asesmen aspek afektif. Proses pengembangan yang dilakukan dimulai dari analisis masalah, perancangan instrumen menjadi prototype awal, validasi ahli, uji coba prototype I , analisis hasil uji coba prototype I, prototype II, analisis hasil prototype II, prototype III, analisis prototype III dan perakitan prototype final. Berdasarkan hasil penilaian oleh dua pakar (judgment experts) maka pengembangan asesmen aspek afektif dan psikomotorik yang dibuat telah memenuhi kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil analisis dari asesmen aspek afektif yang dikembangkan pada praktikum fisika diperoleh bahwa sikap dan perilaku peserta didik berada pada kategori baik sedangkan asesmen aspek psikomotorik dari keterampilan-keterampilan yang dilatihkan maka pencapaian kinerja peserta didik juga berada pada kategori baik. Kata kunci : Asesmen, Aspek Afektif, Aspek Psikomotorik,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:34
Last Modified: 28 Apr 2016 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/501

Actions (login required)

View Item View Item