Pendidikan Gratis dan Kesadaran Pendidikan Pada Masyarakat di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa

FEBRIANTI, IYAN (2015) Pendidikan Gratis dan Kesadaran Pendidikan Pada Masyarakat di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. S1 thesis, FIS.

[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) penyebab rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa, dan 2) faktor apakah yang mempengaruhi pendidikan gratis sehingga belum mampu meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pemilihan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria anak yang menerima bantuan pendidikan gratis, dan orang tua anak yang menerima pendidikan gratis di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data yaitu member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penyebab rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pendidikan di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa adalah, kurangnya pemahaman akan pendidikan, rendahnya tingkat pendidikan orangtua dan kurangnya minat belajar pada anak. 2) Faktor yang mempengaruhi pendidikan gratis belum mampu mendorong kesadaran seseorang akan pentingnya pendidikan yakni, faktor kesadaran anak itu sendiri, faktor ekonomi mempengaruhi kelangsungan pendidikan anak usia sekolah yang sudah harus bekerja (eksploitasi ekonomi), dan faktor budaya patriarki yang masih sangat kuat melekat pada masyarakat di Desa Bontoala Kecamatan Pallangga Kabupaten Gowa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:26
Last Modified: 27 Feb 2018 05:26
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item