Perilaku Bullying Siswa SMK Techno Terapan Makassar

Azis, Kurnia (2014) Perilaku Bullying Siswa SMK Techno Terapan Makassar. S1 thesis, FIS.

[img] Text
5 skripsi tgl 25-04-15.docx

Download (115kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perilaku bullying yang dilakukan siswa di SMK Techno Terapan Makassar, dan untuk mengetahui tanggapan sekolah terhadap perilaku bullying siswa SMK Techno Terapan Makassar. Jenis peneliatian ini adalah siswa SMK Tecnho Terapan Makassar yang di pilih secara snowbal sampling yaitu memilih secara sengaja informan sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan berdasarkan data dari guru BK, adapun siswa sebanyak 17 orang, dan staf pengajar sebanyak 6 orang, orang tua siswa 1 orang. Data dihasilkan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi kemudian data diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitaian menunjukkan bahwa ada beberapa bentuk perilaku bullying yang dilakukan siswa yang terbagi atas secara fisik dan non fisik dimana secara non fisik terbagi atas verbal, dan psikologis/ psikis. Secara fisik berupa dipukul, ditampar, dijewer, dicubit, ditendang, dilempar dengan penghapus atau spidol, berdiri di depan kelas, lari keliling lapangan, dan push up. Sedangkan bentuk non fisik secara verbal berupa dimarahi, diancam, dibentak, digertak. Perilaku bullying non fisik secara psikologis berupa mendiamkan, mempermalukan didepan umum, melototi, memandang sinis, memandang penuh ancaman, memandang yang merendahkan. Berbagai kebijakan yang diberlakukan pihak sekolah untuk menghindari terjadinya perilaku bullying antara lain pada saat Masa Orientasi Siswa membentuk kepanitiaan yang terdiri dari siswa dan guru sebagai pendamping. Memberlakukan sanksi dan hukuman pada siswa yang melanggar tata tertib sekolah, melakukan pembinaan, pemberian sanksi dan hukuman fisik, menerapkan sistem point untuk setiap pelanggaran, pemanggilan orang tua dan skorsing. Pemberian sanksi ini tidak dilakukan begitu saja tetapi memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai aspek.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 05:06
Last Modified: 27 Feb 2018 05:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4998

Actions (login required)

View Item View Item