Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Tahum Ajaran 2013/2014

Aprisal, Aprisal (2014) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Tahum Ajaran 2013/2014. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Aprisal.docx

Download (17kB)

Abstract

ABSTRAK Aprisal, 2014. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Garis Singgung Lingkaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Watansoppeng Tahum Ajaran 2013/2014. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh, Muh. Arif Tiro dan Asdar).Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal garis singgung lingkaran dan faktor penyebab terjadinya kesalahan tersebut. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan hasil tes diagnostik, dari 23 orang siswa, banyaknya siswa yang melakukan kesalahan konsep sebanyak 2 orang (8,7 %), kesalahan fakta sebanyak 2 orang (8,7 %), kesalahan operasi sebanyak 16 orang (69,57 %), dan kesalahan prinsip sebanyak 15 orang (65,22%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah subjek dengan kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi tidak melakukan kesalahan konsep maupun kesalahan fakta. Kesalahan operasi terdapat pada subjek dengan kemampuan matematika rendah, sedang, dan tinggi di mana umumnya subjek salah dalam mencari akar kuadrat dan hasil kuadrat, salah prinsip penjumlahan dan pengurangan dalam persamaan, dan salah dalam hal perhitungan. Kesalahan prinsip, hanya terdapat pada subjek kemampuan matematika rendah dan sedang di mana umumnya subjek salah dalam penggunaan rumus dan salah dalam mengaitkan antar 2 konsep. Faktor penyebab terjadinya kesalahan operasi yang dilakukan subjek penelitian adalah subjek kurang memahami prinsip penjumlahan atau pengurangan dalam persamaan, subjek tidak tahu cara mencari hasil akar kuadrat, dan subjek kurang teliti dalam melakukan perhitungan perkalian yang melibatkan nol ataupun bilangan desimal, an pengurangan yang sifatnya meminjam. Sedangkan fakotr penyebab terjadinya kesalahan prinsip adalah kurangnya pemahaman subjek terhadap rumus panjang garis singgung persektuan luar dan dalam, subjek tidak mengetahui asal usul prinsip tersebut, kurangnya pemahaman subjek terhadap materi prasyarat garis singgung lingkaran yaitu teorema pythagoras, dan subjek kurang memahami konsep sabuk lilitan. Kata kunci: penelitian kualitatif, kesalahan, garis singgung lingkaran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Apr 2016 03:34
Last Modified: 28 Apr 2016 03:34
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/499

Actions (login required)

View Item View Item