Peranan Guru dalam Pembelajaran Terhadap hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Makassar

APRIATI, MUTIA (2015) Peranan Guru dalam Pembelajaran Terhadap hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Makassar. S1 thesis, FIS.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FIX TTD DEKAN.pdf

Download (4MB) | Preview

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun penentuan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purvosive sampling dengan kriteria yang digunakan adalah guru yang mempunyai RPP Kurikulum 2013 yang akutar dan guru yang mengajar di Kelas X IIS 3 sebanyak 9 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peranan guru dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Makassar telah mampu meningkatkan hasil belajar, hal ini ditunjukkan oleh adanya guru yang berperan sebagai media pendidik, model/contoh, pengajar dan pembimbing, evaluator, fasilitator, inisiator, sebagai seorang aktor, mediator, serta organizator. Perencanaan sebagai petunjuk arah pembelajaran yaitu sebagai pelengkap kebutuhan guru.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Feb 2018 03:33
Last Modified: 27 Feb 2018 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4988

Actions (login required)

View Item View Item