Peranan Sanggar Seni Sunrise di SMA Negeri 11 Makassar Kelas XI pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Teater)

Ardyansah, Irhas (2012) Peranan Sanggar Seni Sunrise di SMA Negeri 11 Makassar Kelas XI pada Mata Pelajaran Seni Budaya (Seni Teater). Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
PERANAN SANGGAR SENI SUNRISE DI SMA NEGERI 11 MAKASSAR KELAS XI PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA.pdf

Download (621kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengetahui bagaimana metode pelatihan teater Sanggar Seni Sunrise kepada siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar, 2). Mengetahui bagaimana tingkat penguasaan siswa kelas XI SMA Negeri 11 Makassar dalam mata pelajaran Seni Budaya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Analisis data yang yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1). SMA Negeri 11 Makassar merupakan sekolah bertaraf ISO 9001:2008, 2). Sanggar seni sunrise merupakan lembaga bakat minat yang masuk kedalam kegiatan ekstra kurikuler untuk siswa SMA Negeri 11 makassar dalam mengembangkan pengetahuan dan skill dalam bidang seni (peran) teater, film dan (sastra) puisi, 3). Metode pelatihan teater yang dilakukan oleh sanggar seni sunrise terhadap anggotanya tidak jauh berbeda dengan metode pelatihan yang biasa dilakukan oleh pelatihan di sanggar seni yang lainnya, seperti : a. Metode ceramah dengan menyampaikan materi tentang teater kepada peserta pelatihan; b. Metode olah tubuh sebagai penguasaan awal dan pemanasan, yang didalamnya ada olah vokal dan olah pernapasan, serta pembelajaran tentang blocking, pengembangan karakter, dan akting dasar; c. Metode evaluasi yang akan mereview semua proses pelatihan yang siswa dapatkan dalam pelatihan yang dilakukan Sanggar Seni Sunrise. Dalam hal pelatihan mereka tekun dan rajin mengikuti pelatihan, serta bakat tentang seni peran dan sastra yang memang dimiliki oleh anggota sanggar seni sunrise yang membuat mereka bisa bertahan ditengah kerasnya arus globalisasi, namun sangat disayangkan karena saat ini mereka tidak mempunyai struktur pelatih tetap untuk mengisi pelatihan yang sudah terjadwal sekali dalam seminggu yang harinya disesuaikan dengan waktu anggota, 5). Tingkat keberhasilan dalam proses pembelajaran anggota sanggar seni sunrise dalam mata pelajaran seni budaya (seni teater) memang terlihat berbeda dengan siswa lainnya yang tidak tergabung dalam sanggar seni sunrise. Secara materi dan praktek, anggota sanggar seni sunrise lebih cepat memahami materi yang diberikan. Serta dari hasil tes, mereka mampu mendapatkan skor rata-rata 90-100 dibandingkan dengan siswa yang belum pernah mendapatkan pelatihan di Sanggar Seni Sunrise hanya mampu memdapatkan skor rata-rata 70-90. Kata kunci : Peranan, sanggar seni, seni, budaya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 08:03
Last Modified: 26 Feb 2018 08:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4980

Actions (login required)

View Item View Item