“Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Biringkanaya”.

Andi Nurhamidah, Khaeriah (2013) “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Biringkanaya”. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi NUrhamida Khaeriah.docx

Download (16kB)

ABSTRAK Andi Nurhamidah Khaeriah, 2013. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Biringkanaya”. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar.Salah satu model pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan berkomunikasi dan berinteraksi sosial siswa dengan temannya adalah pembelajaran kooperatif. Model pembelajaran kooperatif memiliki beberapa tipe salah satunya adalah tipe Student Team Achievement Division (STAD), selain itu juga digunakan pendekatan Problem Solving. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem solving memberikan kesempatan kepada siswa untuk latihan mengerjakan soal, memeriksa, serta mendiskusikan jawaban mereka, sehingga diharapkan model dan pendekatan pembelajaran ini dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Problem Solving Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri Biringkanaya dengan mengacu pada 4 aspek implementasi yaitu keterlaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan problem solving, aktivitas siswa selama model pembelajaran tersebut diimplementasikan, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah implementasi, serta respon siswa setelah implementasi model pembelajaran tersebut. Penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Only Pretest – Postest Design. Penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai subyek penelitian yaitu kelas VIII.6 MTs Negeri Biringkanaya dengan jumlah siswa 35 orang. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, tes hasil belajar yang diberikan kepada siswa dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAd dengan pendekatan problem solving. Hasil yang diperoleh dari analisis kualitatif menunjukkan bahwa: (1) keterlaksanaan pembelajaran berhasil dengan baik, (2) aktivitas siswa selama implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan problem solving tergolong aktif, (3) respon siswa terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan problem solving tergolong positif. Adapun hasil yang diperoleh dari analisis kuantitatif menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa sebelum implementasi model pembelajaran mencapai 2,85% ketuntasan klasikal, (2) hasil belajar siswa setelah implementasi model pembelajaran mencapai 2,85% ketuntasan klasikal 85,71%. Berdasarkan hasil tersebut, maka implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAd dengan pendekatan problem solving berhasil.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:53
Last Modified: 27 Apr 2016 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/497

Actions (login required)

View Item View Item