Nilai-Nilai Pendidikan dalam Élong Ugi Toto Naskah Transliterasi dan Terjemahan Muhammad Salim

Halijah, Halijah (2016) Nilai-Nilai Pendidikan dalam Élong Ugi Toto Naskah Transliterasi dan Terjemahan Muhammad Salim. Diploma thesis, FBS.

[img] Text
SKRIPSI HALIJAH.docx

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini tergolong penelitian analisis konten yakni mengungkap nilai pendidikan yang berhubungan dengan nilai sosial dan nilai moral yang terdapat dalam Élong Ugi Toto. Data dalam penelitian ini adalah data tertulis berupa kutipan-kutipan yang menggambarkan nilai-nilai pendidikan yang terdapat pada Élong Ugi Toto. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan isi dari Élong Ugi Toto pada halaman 20-24 dalam naskah Transliterasi dan Terjemahan ÉLONG UGI (Kajian Naskah Bugis) oleh Salim, dkk. (1989/1990) yang diterbitkan oleh Bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sulawesi Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan moral yang terdapat dalam élong ugi toto biu (nasib anak yatim) yaitu nilai kebaikan kemandirian, sedangkan nilai pendidikan sosialnya yaitu matang. Nilai pendidikan moral yang terdapat dalam élong ugi toto peddi (nasib penderitaan) yaitu nilai kebaikan budi pekerti dan nilai pendidikan sosialnya yaitu sopan. Nilai pendidikan moral yang terdapat dalam élong ugi toto maruddani (nasib merindu) yaitu nilai kebaikan akhlak dan nilai pendidikan sosialnya yaitu bertindak bijak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa dan Sastra Daerah
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 07:38
Last Modified: 26 Feb 2018 07:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item