Dampak Pemberian Remedial terhadap Hasil Belajar Sosiologi siswa SMA di Kabupaten Polewali Mandar

Umrah, Siti (2015) Dampak Pemberian Remedial terhadap Hasil Belajar Sosiologi siswa SMA di Kabupaten Polewali Mandar. S1 thesis, FIS.

[img] Text
13. BAB I.docx

Download (38kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pemberian remedial terhadap hasil belajar sosisologi siswa SMA dikabupaten polewali mandar. Jenis penelitian ini tipe deskriptif kualitatif dengan penentuan informan Purposive Sampling yaitu sekolah yang melaksanakan program remedial minimal 3 kali dalam satu semester, guru yang memberikan remedial minimal tiga kali dalam satu semester, dan siswa(i) yang remedial pada mata pelajaran sosiologi dan minimal 2 pada mata pelajaran lain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi, Wawancara, Dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, mendisplaykan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Bentuk-bentuk remedial yang dilaksanakan oleh guru adalah bentuk remedial dengan mengajarkan kembali, penugasan, bimbingan secara individu atau kelompok serta menyuruh siswa membaca referensi yang sama. 2) Faktor pendukung dalam melaksanakan remedial adalah sarana dan prasarana, dukungan dari guru serta kesiapan siswa yang ikut dalam pelaksanaan pembelajaran remedial. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu hambatan dalam memilih metode atau strategi yang tepat pada saat akan melaksanakan pengajaran remedial, kesulitan mengatur waktu karena dari siswa, siswa malas mengikuti remedial dilihat pada saat remedial akan dilaksanakan masih saja terdapat siswa yang tidak mengikuti pelaksanaan remedial sehingga guru harus mengatur jadwal kembali. 3).Dampak yang ditimbulkan dalam melaksanakan remedial terbagi atas dua yaitu dampak positif dan dampak negatif. dampak positifnya yaitu peningkatan dalam hasil belajar siswa, adanya kesadaran siswa untuk memperbaki cara belajarnya, serta motivasi siswa untuk belajar lebih giat, dan dilihat dari pemahaman siswa tentang materi lebih mendalam. Sedangkan dampak negatifnya yaitu kurangnya motivasi siswa untuk belajar seperti rasa malas dan bosan dalam melaksanaan remedial, merasa waktu istirahatnya berkurang, tidak hanya itu remedial juga berdampak pada kondisi psikologi siswa seperti siswa merasa menjadi orang yang paling bodoh diantara teman- temannya, timbulnya rasa kecemburuan sosial serta perasaan malu yang dirasakan oleh peserta didik karena harus mengikuti remedial.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:39
Last Modified: 26 Feb 2018 01:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4939

Actions (login required)

View Item View Item