Persepsi Siswa Terhadap Guru Ideal Dalam Mengelola Kelas (Studi Kasus Guru DI SMA PGRI Sungguminasa)

Suryana, Eka (2015) Persepsi Siswa Terhadap Guru Ideal Dalam Mengelola Kelas (Studi Kasus Guru DI SMA PGRI Sungguminasa). S1 thesis, FIS.

[img] Text
BAB I Eka.docx

Download (36kB)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui guru ideal dalam mengelola kelas dan persepsi siswa terhadap guru ideal dalam mengelola kelas di SMA PGRI Sungguminasa. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan penentuan informan melalui teknik purposive sampling yang menentukan informan secara sengaja sesuai kebutuhan penelitian. Adapun yang menjadi informan yaitu kepala sekolah,Wakasek Kesiswaan, guru bidang studi IPS, walikelas dan siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Guru dalam mengelola kelas di SMA PGRI Sungguminasa, meliputi penggunaan alat bantu atau media pembelajaran sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi pelajaran yang diberikan dalam proses pembelajaran dalam kelas, pembenahan ruang kelas agar tercipta lingkungan kelas yang nyaman, pengaturan ruangan kelas supaya siswa dengan mudah mengakses atau menjangkau alat atau sumber belajar seperti buku pelajaran atau papan tulis yang mudah dijangkau oleh siswa dan menjalin hubungan sosio-emosional antara guru dan siswa sehingga siswa merasa senang dan nyaman berada dalam kelas serta ikut berpartisipasi dalam proses pembelajaran dikelas dan 2) Persepsi siswa terhadap guru ideal dalam mengelola kelas di SMA PGRI Sungguminasa, meliputi guru ideal dapat menyajikan materi pelajaran yang menantang, disiplin dalam proses pembelajaran, penggunaan variasi gaya dan media pembelajaran, guru ideal dapat membagi perhatiannya kepada siswa, mengelola interaksi dalam kelas, rajin membaca, dan menjadi panutan, pembentukan kelompok belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Feb 2018 01:00
Last Modified: 26 Feb 2018 01:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4934

Actions (login required)

View Item View Item