Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB MTs Negeri Gantarang Kabupaten Bantaeng Melalui Penerapan Strategi Hangman.

Andi, Haeriyanti (2013) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB MTs Negeri Gantarang Kabupaten Bantaeng Melalui Penerapan Strategi Hangman. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Andi Haeriyanti,.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Andi Haeriyanti, 2013. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIB MTs Negeri Gantarang Kabupaten Bantaeng Melalui Penerapan Strategi Hangman. Skripsi. Program Penyetaraan S1-Kedua. Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VIIB MTs Negeri Gantarang melalui penerapan Strategi Hangman. Subjek penelitian ini adalah kelas VIIB MTs Negeri Gantarang Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah siswa 30 orang yang terdiri atas 12 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I dilaksanakan 4 kali pertemuan dimana 3 kali pertemuan merupakan proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan merupakan pemberian tes siklus I sedangkan pada siklus II dilaksanakan 3 kali pertemuan dimana 2 kali pertemuan merupakan proses belajar mengajar dan 1 kali pertemuan digunakan sebagai tes siklus II. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar, lembar observasi, dan angket respons siswa. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang dicapai setelah pembelajaran matematika melalui penerapan strategi Hangman yaitu: (1) siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 74,87 dengan standar deviasi 9,79 dari skor ideal yang dicapai yaitu 100. Sedangkan pada siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 80,23 dengan standar deviasi 9,51 dengan skor ideal yang dicapai yaitu 100. (2) Meningkatnya perhatian, motivasi, minat dan rasa percaya diri siswa dalam belajar matematika. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya strategi Hangman dalam pembelajaran matematika maka hasil belajar matematika siswa kelas VIIB MTs Negeri Gantarang Kabupaten Bantaeng dapat meningkat. Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Strategi Hangman, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:53
Last Modified: 27 Apr 2016 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/493

Actions (login required)

View Item View Item