Perbandingan Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone, Materi pokok Logika Matematika

Andi astuty, Marianti (2014) Perbandingan Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone, Materi pokok Logika Matematika. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ANDI ASTUTY MARIANTI. 2014.docx

Download (18kB)

ABSTRAK ANDI ASTUTY MARIANTI. Perbandingan Efektivitas Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Kahu Kabupaten Bone, Materi pokok Logika Matematika (dibimbing oleh Hamzah Upu dan Suwardi Annas) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: (1) Mengetahui Efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika materi Logika Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Kahu. (2) Mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika materi Logika Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Kahu (3) Mengetahui perbedaan aktivitas siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika materi Logika Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Kahu (4) Mengetahui perbedaan motivasi siswa terhadap model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dan Tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika materi Logika Matematika di kelas X SMA Negeri 1 Kahu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kahu dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model tipe Two Stay Two Stray dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model tipe Tipe Jigsaw. Data yang dikumpulkan terdiri data atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data motivasi siswa terhadap pembelajaran. Data aktivitas siswa dan motivasi siswa dianalisis dan hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran tipe Two Stay Two Stray ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor postest 79,29 lebih besar dari rata-rata skor pretest 27,47 (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 2,77 dan (c) motivasi siswa dengan rata-rata 3,68 (2) Pelaksanaan pembelajaran tipe Jigsaw ditinjau dari aspek: (a) hasil belajar siswa dengan rata-rata skor post-tes 76,10 lebih besar dari rata skor pretes 27,43, (b) aktivitas belajar siswa dengan rata-rata keterlaksanaan aktivitas 2,76 dan (c) motivasi siswa dengan rata-rata 3,51 (3) Berdasarkan kriteria keefektifan yang telah ditetapkan, dapat dikatakan bahwa pada pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada materi Logika Matematika lebih efektif dari pada model pelaksanaan pembelajaran Jigsaw kelas X SMA, dimana ketiga aspek yakni aspek hasil belajar siswa, aspek aktivitas siswa, dan aspek motivasi siswa.Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif Tipe Jigsaw pada pembelajaran matematika dengan materi pokok Logika Matematika dikelas X SMA Negeri 1 Kahu.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/490

Actions (login required)

View Item View Item