Analisis Penggunaan Model Pembelajaran pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 26 Makassar

Mirnawati, Mirnawati (2014) Analisis Penggunaan Model Pembelajaran pada Mata Pelajaran PKn di SMP Negeri 26 Makassar. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
BAB I - V HASIL PENELITIAN 1 perbaikan aaaaa baruuuu.docx

Download (149kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) model-model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran PKn, 2) kendala dalam penggunaan model pembelajaran serta 3) upaya untuk mengatasi kendala dalam penggunaan model pembelajaran sehingga tercapainya tujuan pembelajaran sebagaimana yang diharapkan. Penelitian ini merupakan penelitian survey, yang mana dalam penelitian ini yang diteliti hanya 1 orang guru PKn dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yakni total sampling. Dimana teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Dari hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Model pembelajaran yang digunakan pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 26 Makassar khususnya kelas VIII semester genap yaitu model pembelajaran student fasilitator and explaining, explicit instruction, dan mind mapping. 2) Kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 26 Makassar, yaitu minat belajar peserta didik sangat kurang, waktu yang terbatas, peserta didik cenderung kurang aktif dalam proses pembelajaran, peserta didik lambat dalam menerima dan memahami informasi yang disampaikan, kadang sulit menemukan kesesuaian antara model pembelajaran dengan materi pelajaran, serta model pembelajaran yang akan di terapkan pada saat proses pembelajaran terkadang tidak sesuai dikarenakan kondisi peserta didik yang cenderung melakukan aktivitas-aktivitas lain pada saat proses pembelajaran berlangsung. 3) Upaya guru untuk mengatasi kendala dalam penggunaan model pembelajaran pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 26 Makassar yaitu senantiasa memberikan motivasi, bimbingan, penguatan agar peserta didik tetap aktif dalam proses pembelajaran, sesekali memberikan cerita-cerita yang menarik untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan dalam rangka meningkatkan minat belajar peserta didik, serta memberikan teguran kepada peserta didik agar tidak melakukan aktivitas lain disaat proses pembelajaran PKn berlangsung di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Feb 2018 07:00
Last Modified: 22 Feb 2018 07:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4889

Actions (login required)

View Item View Item