Estimasi Model Persamaan Simultan dengan Metode Indirect Least Square dan Penerapannya pada Permintaan dan Penawaran Kedelai Kab. Pangkep.

Amira, Wahid (2013) Estimasi Model Persamaan Simultan dengan Metode Indirect Least Square dan Penerapannya pada Permintaan dan Penawaran Kedelai Kab. Pangkep. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Amira Wahid.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Amira Wahid. 2013. Estimasi Model Persamaan Simultan dengan Metode Indirect Least Square dan Penerapannya pada Permintaan dan Penawaran Kedelai Kab. Pangkep. Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh H. Sukarna, S.Pd., M.Si dan Sabri, S.Pd., M.Sc).Penelitian ini adalah penelitian murni sekaligus terapan yang bertujuan untuk menentukan bentuk estimasi parameter model persamaan simultan dengan metode indirect least square dan penerapannya pada permintaan dan penawaran kedelai di Kabupaten Pangkep. Tidak seperti persoalan yang timbul pada persamaan regresi biasa yang dapat diselesaikan dengan metode kuadrat terkecil biasa, persamaan simultan harus diselesaikan dengan metode khusus. Jika taksiran angka dari parameter persamaan struktural dapat diperoleh dari koefisien bentuk yang direduksi yang ditaksir dan terdapat nilai angka unik dari parameter strukturalnya maka metode yang tepat digunakan adalah metode indirect least square. Bentuk estimasi parameter model persamaan simultan =Π⁄Π. Dari analisis data permintaan dan pdeinpaewroalreahn ked=elaΠi d−i KabΠupadteann Pangkep, diperoleh estimasi persamaan penawaran =19,368+19,368 .Yang berarti pendugaan persamaan penawaran cukup baik karena menghasilkan koefisien regresi harga yang bersifat positif terhadap kuantitas penawaran. Kata Kunci: Persamaan Simultan, Indirect Least Square

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/485

Actions (login required)

View Item View Item