Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan

Munira (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Sejarah Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dengan. Diploma thesis, FIS.

[img] Text
bab 1.docx

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar sejarah melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media kartu pada siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali pada Semester Ganjil Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media kartu merupakan suatu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa dengan pokok bahasan Proklamasi Kemerdekaan dan Pembentukan Pemerintahan Indonesia Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali. Peningkatan tersebut ditunjukkan oleh hasil penelitian dari siklus I ke siklus II, yaitu persentase rata-rata hasil angket motivasi belajar sejarah siswa dari 74,3% menjadi 82,75% atau berada dalam kategori tinggi. Peningkatan juga terdapat pada aktivitas siswa yang dapat dilihat dari hasil observasi siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa Kelas XII IPS1 SMA Negeri 2 Polewali melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan menggunakan media kartu mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Feb 2018 05:39
Last Modified: 21 Feb 2018 05:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4848

Actions (login required)

View Item View Item