Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang semester 2 tahun pelajaran 2013 – 2014.

Alimuddin, Alimuddin (2014) Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang semester 2 tahun pelajaran 2013 – 2014. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ALIMUDDIN. 2014..docx

Download (12kB)

ABSTRAK Alimuddin (NIM: 12B07184). Penerapan model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang semester 2 tahun pelajaran 2013 – 2014. (dibimbing oleh : Ruslan dan Nurdin Arsyad). Penelitian ini bertujuan : (1) untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams GamesTournament) pada siswa kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang dan (2) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang. Penelitian ini menggunakan studi tindakan (action research) pada peserta didik kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang. Obyek penelitian ini adalah di SMPN 1 Pinrang. Dalam penelitian ini, penelitian menggunakan satu kelas untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) yaitu kelas VII.1 yang jumlahnya 40 siswa. Pada tahap prasiklus, motivasi belajar peserta didik kategori sangat rendah dan rata-rata hasil belajar 58,25 dengan ketuntasan klasikal 40,00%. Pada siklus I motivasi belajar peserta didik meningkat menjadi kategori tinggi dan rata-rata hasil belajar 60,20 dengan ketuntasan klasikal 75,00%. Sedangkan pada siklus II motivasi belajar peserta didik mengalami peningkatan yaitu kategori sangat tinggi dan rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 81,26 dengan ketuntasan klasikal 92,50%. Dari tiga tahap tersebut jelas bahwa ada peningkatan motivasi dan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Teams Games Tournament) pada siswa kelas VII.1 SMPN 1 Pinrang Kata Kunci : Pembelajaran kooperatif tipe TGT, motivasi belajar dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/484

Actions (login required)

View Item View Item