Pembelajaran Seni Tari pada Anak Tunarungu Tingkat SMA LB di Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan.

MUCHTAR, ATIRA (2012) Pembelajaran Seni Tari pada Anak Tunarungu Tingkat SMA LB di Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN SENI TARI PADA ANAK TUNARUNGU DI SENTRA PK (PENDIDIKAN KHUSUS) PLK (PENDIDIKAN LAYANAN KHUSUS) SLB NEGERI PEMBINA PROVINSI SULAWESI SELATAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui latar belakang berdirinya Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan, 2) Untuk mengetahui pembelajaran seni tari pada anak tunarungu SMA LB di Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa, 1) Latar belakang berdirinya Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan berdiri pada tahun 1985 dan diresmikan oleh Hasan Walinono selaku Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud dengan tujuan supaya dapat menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pendidikan secara khusus bagi anak-anak yang mengalami hambatan belajar karena kurangnya daya dengar, sehingga mereka dapat menikmati kesempatan belajar, 2) Pembelajaran seni tari pada anak tunarungu Tingkat SMA LB di Sentra PK-PLK SLB Negeri Pembina Provinsi Sulawesi Selatan meliputi: (a) Tujuan, yaitu langkah pertama yang harus ditetapkan dalam proses pembelajaran, (b) Materi dan bahan ajar, yaitu pelajaran teori, praktek dan apresiasi seni, (c) Metode, meliputi: metode demonstrasi, metode ceramah dan metode isyarat, (d) Media, yaitu sarana terpenting dalam pembelajaran seni tari, (e) sarana dan prasarana, yaitu merupakan suatu penunjang dan pendukung keberhasilan kegiatan belajar mengajar, (f) Evaluasi, yaitu langkah terakhir dalam prosedur pengajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Feb 2018 05:25
Last Modified: 19 Feb 2018 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4828

Actions (login required)

View Item View Item