Tari Sajo di Desa Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa

Pertiwi, Anggun Darma (2013) Tari Sajo di Desa Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa. Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
TARI SAJO DI DESA BAMBANG KECAMATAN BAMBANG KABUPATEN MAMASA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data yang jelas dan akurat mengenai: 1) Latar belakang Tari Sajo di Desa Bambang Kecamatan Bambang Kebupaten Mamasa, dan 2) Bentuk penyajian Tari Sajo di Desa Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mendapatkan data-data dalam penelitian ini yaitu studi pustaka, teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian tentang Tari Sajo di Desa Bambang Kecamatan Bambang Kabupaten Mamasa, yang di latar belakangi oleh kepercayaan nenek moyang yang disebut dengan Ada’ Mappurondo. Tari Sajo pada masyarakat Bambang merupakan suatu tarian yang dipentaskan pada upacara Pa’bissuan Baine yaitu upacara khusus perempuan. Tarian ini dilakukan pada upacara tingkat tinggi yaitu upacara Melambe dan Malangngi yakni upacara syukuran tercapainya nasar sebuah keluarga. Tarian ini befungsi sebagai tari hiburan, tari upacara dan pertunjukan bagi masyarakat yang menganut Ada’ Mappurondo bisa juga di tarikan pada saat penyambutan tamu, pesta pernikahan, dan hiburan pada masyarakat sekitar. Tari Sajo melambangkan kegembiraan bagi keluarga yang melaksanakan upacara. Bentuk penyajian tari Sajo ditarikan dalam bentuk kelompok oleh para perempuan yang siap untuk Melambe dan Malangngi. Jumlah penari yang ideal 2-12 tapi bisa saja lebih sesuai dengan berapa banyak yang ikut menari atau pada upacara Melambe dan Malangngi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:10
Last Modified: 19 Feb 2018 04:10
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4823

Actions (login required)

View Item View Item