Eksistensi Tari Ma’bulo Sipappa karya Hasaruddin Sebagai Tari Penyambutan pada Masyarakat Sinjai

Djafa, Andi Surayya (2011) Eksistensi Tari Ma’bulo Sipappa karya Hasaruddin Sebagai Tari Penyambutan pada Masyarakat Sinjai. Diploma thesis, FSD.

[img]
Preview
Text
EKSISTENSI TARI MA’BULO SIPAPPA KARYA HASARUDDIN SEBAGAI TARI PENYAMBUTAN PADA MASYARAKAT SINJAI.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk mengetahui eksistensi tari Ma’bulo Sipappa karya Hasaruddin sebagai tari penyambutan pada masyarakat Sinjai, 2. Untuk mengetahui Koreografi tari Ma’bulo Sipappa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik study pustaka, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis kualitatif. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : 1) Eksistensi tari Ma’bulo Sipappa diawali dari keinginan koreografer mengangkat kembali tradisi kesenian yang hampir terlupakan dalam masyarakat sehingga tercipta tari Ma’bulo Sipappa dalam bentuk tari kreasi yang diwujudkan dalam motto Kabupaten Sinjai yaitu Ma'sedi (Bersatu). Tari Ma’bulo Sipappa pertama kali dipertunjukkan di gedung Sinjai Bersatu dalam rangka acara festival tari sekabupaten Sinjai dan mendapat juara I pada festival tersebut, setelah itu tari Ma’bulo Sipappa mulai dipentaskan dalam rangka memperingati hari jadi Kabupaten Sinjai tahun 2003 dan 2004 & secara 3 tahun berturut-turut kembali dalam acara memperingati hari jadi Kabupaten Sinjai tahun 2009, 2010 dan 2011. 2) Koreografi tari Ma’bulo Sipappa meliputi Konsep Garapan yaitu tari ini digarap sejalan dengan motto Kabupaten Sinjai yaitu slogan Sinjai Bersatu yang dilambangkan dalam tarian ini sebatang bambu(Bulo Sipappa), Struktur Gerak Tari Ma’bulo Sipappa yaitu Siakkatenni (Saling Berpegangan), Mallopi (Naik Perahu), Masoppo Perring (Bambu diletakkan diatas pundak), Pakuru Sumange (Nyanyian Pemanggil Semangat), Sikkiri Buruda (Aktraksi musik dan Nyanyian), Mangosong (Pengucapan Sumpah) dan Akkarajangeng (Tempat Raja). Pola Lantai Tari Ma’bulo Sipappa dan aspek- aspek pendukung Koregrafi Tari Ma’bulo Sipappa yaitu 1) Penari, jumlah penari 14 orang dalam tari massal 62 orang, 2) Alat musik yang digunakan yaitu gendang, gong, keso-keso, seruling panjang, parappasa, 3) Kostum, pakaian yang dipakai penari wanita adalah baju bodo warna cerah, sarung cora labba sesuai dengan warna baju, mastura, bangkara, gelang dan kembang kertas. pakaian yang dipakai penari pria yaitu baju pendek warna hitam, barocci warna hitam dan merah, sarung cora labba, ikat pinggang passapu dan kostum pemusik yaitu baju lengan panjang warna hitam dan hijau , passapu, sarung cora labba 4) Tata Rias yang digunakan yaitu tata rias cantik untuk penari wanita dan rias gagah untuk penari pria, 5) Properti yang digunakan adalah sebatang bambu ukuran 5 meter dan kipas, 6) Tempat dan Waktu Pertunjukan tari Ma’bulo Sipappa dapat dipentaskan dimana saja baik itu pada panggung proscenium maupun arena, Tempat pertunjukan disesuaikan dengan pada saat acara apa dan dimana acara tersebut diadakan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Feb 2018 04:02
Last Modified: 19 Feb 2018 04:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4821

Actions (login required)

View Item View Item