Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing Model Dan Pendekatan Problem Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (dibimbing oleh Alimuddin dan Awi Dassa)

Akhriani, Akhriani (2014) Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing Model Dan Pendekatan Problem Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (dibimbing oleh Alimuddin dan Awi Dassa). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Akhriani. 2014.docx

Download (15kB)

ABSTRAK AKHRIANI. Komparasi Keefektifan Pendekatan Problem Posing Model Dan Pendekatan Problem Dalam Pembelajaran Matematika Pada Kelas VIII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (dibimbing oleh Alimuddin dan Awi Dassa) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara pendekatan problem posing dan pendektan problem solving pada materi bangun ruang sisi datar. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP LPP UMI Makassar dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas VIII.a untuk eksperimen I diajarkan menggunakan pendekatan problem posing dan kelas VIII.b untuk eksperimen II diajarkan menggunakan pendekatan problem solving yang dipilih menggunakan teknik simple purposive sampling. Instrumen yang digunakan lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi model keterlaksanaan pembelajaran, lembar angket respon siswa, dan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Pendekatan Problem Posing berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 89,60 dan standar deviasi 3,70. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan pendekatan problem solving berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,37 dan standar deviasi 4,75. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif.Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa pendekatan problem posing model lebih efektif daripada pendekatan problem solving dengan materi pokok bangun ruang sisi datar dikelas VIII SMP LPP UMI Makassar. Kata Kunci : Perbandingan, Problem Posing, Problem Solving, Bangun Ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/482

Actions (login required)

View Item View Item