. Harmoni Antar Suku di Pinrang (Studi Kasus Pada Suku Pendatang dan Suku Asli di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang). Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Agustang dan Supriadi Torro).

Rizqi, Yulianti Ichsan (2013) . Harmoni Antar Suku di Pinrang (Studi Kasus Pada Suku Pendatang dan Suku Asli di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang). Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Agustang dan Supriadi Torro). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Rizqi Yulianti Ichsan.docx

Download (12kB)

ABSTRAK Rizqi Yulianti Ichsan, 2013. Harmoni Antar Suku di Pinrang (Studi Kasus Pada Suku Pendatang dan Suku Asli di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang). Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Andi Agustang dan Supriadi Torro). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana harmoni yang terjadi antara suku pendatang dan suku asli yang berada di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang dan (2) Faktor pendorong terciptanya harmoni yang terjadi antar suku pendatang dan suku asli yang berada di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Jenis penelitian ini adalah pendekatan bersifat kualitatif yang pada dasarnya menggunakan suatu rencana tentang cara mengumpulkan, mengolah dan menganalisis data secara sistematis dan terarah agar penelitian dapat dilaksanakan secara efisien dan efektif. Teknik pengumpulan datanya yakni dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penarikan informan dalam penelitian dilakukan secara purpose sampling dimana mengambilan sumber data sebanyak 20 orang dengan kriteria informan sudah berdomisili selama lima tahun di Kecamatan Paleteang dan intensitas interaksi antar suku-suku yang ada di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa harmoni yang terjadi antar suku pendatang dan suku asli yang berada di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang adalah: (a) kerja sama yang terjadi antar satu sama lain secara gotong royong dalam segala kegiatan, (b) penyelesaian masalah secara akomodatif seperti musyawarah dalam mengambil keputusan ,(c) kerukunan antara suku asli dan suku pendatang dan faktor pendorong terciptanya harmoni yang terjadi antara suku pendatang dan suku asli yang berada di Kecamatan Paleteang Kabupaten Pinrang adalah: (a) adanya rasa toleransi antara suku asli dan suku pendatang, (b) terdapat kepentingan di bidang ekonomi, (c) sikap terbuka dari masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/481

Actions (login required)

View Item View Item