ABSTRAK Aisyah Nursyam, 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Keluarga melalui Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kleas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone

Aisyah, Nursyam (2014) ABSTRAK Aisyah Nursyam, 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Keluarga melalui Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kleas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AISYAH NURSYAM. 2014..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Aisyah Nursyam, 2014. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Iklim Keluarga melalui Regulasi Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kleas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. (dibimbing oleh Hisyam Ihsan dan Suardi Annas) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi dan pengaruh kecerdasan emosional dan iklim keluarga melalui regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan Proporsional Random Sampling yaitu sebanyak 262 dari populasi sebanyak 826. Instrumen yang digunakan: (1) skala kecerdasan emosional, (2) skala iklim keluarga, (3) skala regulasi diri, dan (4) tes prestasi belajar matematika kelas VII SMP. Data dianalisis dengan statistika deskriptif dan analisis Structure Equation Modelling (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa Kelas kelas VII SMP Negeri Se-Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone memiliki: kecerdasan emosional dengan kategori tinggi, iklim keluarga berada dalam kategori tinggi, regulasi diri berada dalam kategori sedang, dan prestasi belajar matematika dalam kategori sedang; (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan iklim keluarga; (3) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap regulasi diri siswa; (4) iklim keluarga berpengaruh positif terhadap regulasi diri siswa; (5) kecerdasan emosional berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika; (6) iklim keluarga berpengaruh positif terhadap prestasi belajar matematika; (7) regulasi diri berpengaruh negatif terhadap prestasi belajar matematika; (8) kecerdasan emosional berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika; dan (9) iklim keluarga berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui regulasi diri terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:52
Last Modified: 27 Apr 2016 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/480

Actions (login required)

View Item View Item