Pengaruh Model Peta Konsep (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng

Darmawati, Firdaus (2014) Pengaruh Model Peta Konsep (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Darmawati Firdaus..docx

Download (14kB)

ABSTRAK Darmawati Firdaus. 2014. “Pengaruh Model Peta Konsep (Mind Mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Abdullah Dola dan Mayong Maman). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model peta konsep (mind mapping) terhadap Kemampuan Menulis Puisi Bebas Siswa Kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng dan membuktikan penggunaan model peta konsep berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Adapun sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 31 orang siswa dan kelas VIII-2 (kelas kontrol) yang berjumlah 30 orang siswa SMP Perguruan Islam Ganra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis melalui beberapa tahap: (1) membuat daftar skor mentah; (2) membuat distribusi frekuensi dari skor mentah; (3) menentukan frekuensi kuantitatif perolehan nilai; (4) menentukan patokan tingkat penguasaan; dan (5) pengujian hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata postes kelas kontrol 60 berada pada rentang nilai 56 - 74 (kategori cukup), sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 76,7 berada pada rentang nilai 75 - 85 (kategori baik). Penggunaan model peta konsep (mind mapping) berpengaruh terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII SMP Perguruan Islam Ganra Kabupaten Soppeng dengan nilai t hitung = 6,958 dan harga t tabel = 2,001 pada taraf nyata 0,05 dan derajat bebas dk = 59. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh diharapkan Guru Bahasa Indonesia dapat menerapkan model peta konsep (mind mapping) dalam pembelajaran menulis karena pembelajaran dengan model ini dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Penerapan berbagai model dan media pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada intinya adalah langkah atau usaha untuk meningkatkan minat belajar siswa; sehinggga perlu dibuat yang menarik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > Pendidkan
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:49
Last Modified: 25 Apr 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/48

Actions (login required)

View Item View Item