POTRET PENGGUNAAN BAHASA DAERAH PADA MAHASISWA DITINJAU DENGAN PENDEKATAN KUANTITATIF (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar)

R, Mantasiah and yusri, yusri (2017) POTRET PENGGUNAAN BAHASA DAERAH PADA MAHASISWA DITINJAU DENGAN PENDEKATAN KUANTITATIF (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar). In: Konferensi Linguistik Tahunan (KOLITA) 15, 5-7 April 2017, Jakarta.

[img]
Preview
Text
MAKALAH KOLITA 2017.pdf

Download (230kB) | Preview
Official URL: https://www.atmajaya.ac.id/web/KontenUnit.aspx?gid...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana potret penggunaan bahasa daerah pada mahasiswa universitas negeri makassar. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data terdiri dari wawancara, observasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan ialah statistic deskriptif dengan menggunakan kategorisasi dari Azwar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan nilai rata-rata secara keseluruhan yakni sebesar 33.8, dapat disimpulkan bahwa frekuensi penggunaan bahasa daerah mahasiswa secara umum berada pada kategori rendah, dalam artian sebagian besar mahasiswa tidak menggunakan bahasa daerah dalam berkomunikasi di berbagai ranah secara produktif. Selain itu dari hasil tes pemahaman mengenai bahasa daerah mereka yang telah diberikan, diperoleh data bahwa dari 30 responden terdapat 21 responden yang berada pada kategori kurang paham terhadap bahasa daerah mereka, 6 orang berada pada kategori sedang, dan hanya 3 orang yang boleh dikatakan paham dengan bahasa daerah mereka. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan secara umum bahwa tingkat pemahaman mahasiswa terhadap bahasa daerah mereka berada pada kategori rendah.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Yusri Yusri
Date Deposited: 13 Feb 2018 13:32
Last Modified: 13 Feb 2018 13:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4799

Actions (login required)

View Item View Item