PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI KELAS VI SD NEGERI 3 MASSEPE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG

lannang, Lannang (2014) PENERAPAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI KELAS VI SD NEGERI 3 MASSEPE KECAMATAN TELLU LIMPOE KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG. S1 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Lannag.docx

Download (73kB)

Abstract

THE IMPLEMENTATION OF GUIDED WRITING STRATEGY TO IMPROVE FORMAL LETTER WRITING SKILL OF CLASS VI STUDENTS AT SDN 3 MASSEPE IN TELLU LIMPOE SUB DISTRICT OF SIDENRENG RAPPANG DISTRICT LANNANG PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2014 ABSTRAK LANNANG 2014. Penerapan Strategi Menulis Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Surat Resmi Kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenrang Rappang. (Dibimbing oleh Achmad Tolla selaku pembimbing satu dan Ramly sebagai pembimbing kedua) Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi menulis terbimbing untuk meningkatkan keterampilan menulis surat resmi murid kelas VI SD Negeri 3 Massepe Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang. Metode penelitian yang diterapkan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing dilaksanakan dalam tiga kali tindakan. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan tes. Data kualitatif berupa data kualitatif hasil refleksi dan data hasil tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam penerapan strategi menulis terbimbing dapat mengikuti kerangka perencanaan pembelajaran pada umumnya sementara pelaksanaan pembelajaran dengan strategi ini terbukti dapat meningkatkan keaktifan murid dalam mengikuti proses belajar. Selanjutnya, hasil yang diperoleh murid setelah dilakukan penerapan startegi menulis terbimbing pada siklus I belum tuntas, sehingga dipandang perlu dilaksanakan tindakan selanjutnya yakni siklus II. Selanjutnya pada siklus II keterampilan anak dalam menulis surat resmi meningkat secara signifikan yaitu sebanyak 18 murid (100%) yang mampu mendapatkan nilai 70 ke atas. Hal ini berarti bahwa pembelajaran menulis surat resmi siklus II dinyatakan tuntas karena 100% yang mendapat nilai 70 ke atas dan mencapai kriteria yang ditetapkan yaitu 75%. Jadi keterampilan menulis surat resmi murid kelas VI SD Negeri 3 Massepe, Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidenreng Rappang dinyatakan tuntas. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan menulis surat resmi dengan pembelajaran yang menerapkan strategi menulis terbimbing. Disarankan agar guru-guru sering menerapkan strategi menulis terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar murid khususnya kemampuan menulis.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:45
Last Modified: 12 Feb 2018 06:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4787

Actions (login required)

View Item View Item