EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR

ANDRIANI, ANDRIANI (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Jurnal.docx

Download (50kB)

ANDRIANI PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2014 EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DALAM MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 POLEWALI KABUPATEN POLEWALI MANDAR THE EFFECTIVENESS OF PROBLEM BASED LEARNING MODEL IN WRITING TEXT EXPOSITION OF GRADE X STUDENTS AT SMAN NEGERI 1 POLEWALI IN POLEWALI MANDAR DISTRICT ANDRIANI ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: (1) mengkaji efektivitas model pembelajaran berbasis masalah dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar; (2) mengkaji efektivitas pengajaran konvensional dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar; dan (3) membuktikan model pembelajaran berbasis masalah efektif digunakan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksprimen murni. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar yang berjumlah 148 siswa yang tersebar ke dalam lima kelas jurusan Matematika dan Ilmu Alam (MIA), yaitu kelas X MIA 1 sampai dengan X MIA 5. Dengan cara random sampling terpilih kelas X MIA 5 sebanyak 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan, yaitu tes. Teknik yang digunakan mengumpulkan data adalah teknik pretes, perlakuan, dan postes. Data yang diperoleh dengan dua cara dianalisis secara statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan pengajaran konvensional menunjukkan pengaruh yang kurang baik karena masih ada siswa yang memperoleh nilai 2,66 ke bawah. Perolehan nilai yang mencapai nilai 2,66 adalah sebanyak 29 siswa (96,67%). Kedua, hasil belajar keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar dengan model pembelajaran berbasis masalah menunjukkan pengaruh yang sangat baik. Di antara 30 orang siswa kelas eksperimen, terdapat 30 siswa pula yang memperoleh nilai di atas 2,66 atau 100%. Ketiga, model pembelajaran berbasis masalah efektif diterapkan dalam menulis teks eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Polewali Kabupaten Polewali Mandar. Hal ini tampak pada nilai t -4,803 dengan signifikansi (p) 0,000. Kaidah yang digunakan adalah jika atau p-value < 0,05. Kesimpulannya adalah bahwa hipotesis diterima sehingga ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dengan yang menggunakan pengajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima, yaitu jika p-value < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BAHASA INDONESIA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 12 Feb 2018 06:30
Last Modified: 12 Feb 2018 06:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4786

Actions (login required)

View Item View Item