Intervensi Pemerintah dalam Pembangunan Desa (Kajian tentang Peranan PNPM Mandiri dalam Pembangunan Desa Nipa-Nipa Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing olehAshari Ismail dan Muhammad Syukur)

FRATIWI, UTAMI (2014) Intervensi Pemerintah dalam Pembangunan Desa (Kajian tentang Peranan PNPM Mandiri dalam Pembangunan Desa Nipa-Nipa Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing olehAshari Ismail dan Muhammad Syukur). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Pratiwi Utami.docx

Download (11kB)

ABSTRAK FRATIWI UTAMI, 2014. Intervensi Pemerintah dalam Pembangunan Desa (Kajian tentang Peranan PNPM Mandiri dalam Pembangunan Desa Nipa-Nipa Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Skripsi Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar, (Dibimbing olehAshari Ismail dan Muhammad Syukur) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk intervensi pemerintah melalui Program PNPM Mandiri dalam pembangunan infrastruktur di Desa Nipa-Nipa Kecamatan Pa’jukukang Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Informan penelitian berjumlah 12 orang, menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria yaitu masyarakat yang berprofesi sebagai petani, orang yang ada dalam keanggotaan PNPM Mandiri, sudah lama menjadi anggota PNPM Mandiri 2-5 tahun, berumur 20-50 tahun, mengetahui program kerja PNPM Mandiri. Pengumpulan data yang dilakukan melalui obserfasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data di lakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Intervensi pemerintah melalui program PNPM Mandiri dalam pembangunan infrastruktur di antaranya pembangunan irigasi, rabat beton, perbaikan perpipaan dan pembangunan TK/PAUD. Dengan adanya pembangunan infrastruktur melalui Program PNPM Mandiri berupaya memperbaiki kondisi warga di Desa Nipa-Nipa. Kondisi ini yang memunculkan kesadaran warga perlunya partisipasi dan peranannya dalam pembangunan bertujuan meningkatkan kualitas hidup dan lingkugannya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item