Pengembangan Bahan Diklat pada Musyawarah Guru Mata PelDiklatan (MGMP) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Makassar

MANGANNI, HIKMAH (2016) Pengembangan Bahan Diklat pada Musyawarah Guru Mata PelDiklatan (MGMP) Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di SMP Negeri Kota Makassar. S3 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN BAHAN DIKLAT PADA MUSYAWARAH URU MATA PELAJARAN (MGMP) PENDIDIKAN JASMANI, OLAHRAGA, DAN KESEHATAN DI SMP NEGERI KOTA MAKASSAR.pdf

Download (1MB) | Preview

ABSTRAK HIKMAH MANGANNI. 2016 . (Dibimbing oleh Promotor Ismail Tolla serta Kopromotor Suradi Tahmir dan Sudirman Burhanuddin). MGMP sebagai salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru diharapkan mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapi dalam pembelDiklatan, baik itu perencanaan hingga proses evaluasi. MGMP seharusnya menjadi wadah bagi guru untuk memperoleh solusi terhadap persoalan guru di lapangan demi meningkatkan kompetensi profesional guru. Tidak terstrukturnya kegiatan dalam MGMP yang berakibat pada mandeknya tujuan dari MGMP tersebut menjadikan pentingnya pengembangan bahan Diklat yang dapat digunakan dalam MGMP khususnya MGMP PJOK di kota Makassar. Oleh karena itu, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah bahan diklat MGMP PJOK yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan?” Tujuan penelitian ini adalah (i) mengetahui kevalidan bahan diklat MGMP PJOk di Kota Makassar, (ii) mengetahui kepraktisan bahan diklat MGMP PJOk di Kota Makassar, dan (iii) mengetahui keefektifan bahan diklat MGMP PJOk di Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development atau R&D) dengan cara mendesain dan mengembangkan bahan Diklat di MGMP Pendidikan Jasmani Olahraga, dan Kesehatan di SMP negeri Kota Makassar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis dilakukan terhadap observasi dan wawancara dan uji coba lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertama, Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh tiga ahli, yaitu ahli materi, ahli desain, dan ahli bahasa terhadap bahan diklat dapat disimpulkan bahwa bahan diklat valid dan dapat digunakan dalam penelitian. Hal ini didasarkan pada nilai rata-rata untuk uji materi yaitu 3,58, nilai rata-rata untuk uji desain yaitu 3,75, dan nilai rata-rata untuk uji bahasa yaitu 3,57. Semua nilai tersebut berada pada kategori valid. Kedua, untuk uji kepraktisan bahan diklat dilakukan pada 10 orang yang terdiri atas pengelola dan guru yang mengikuti MGMP PJOK. Berdasarkan hasil uji kepraktisan tersebut diperoleh bahwa bahan diklat yang diujikan praktis. Kesimpulan ini diperoleh didasarkan pada nilai rata-rata hasil uji kepraktisan yaitu 4,12. Ketiga, uji keefektifan. Data uji keefektifan diperoleh dari hasil uji pada 50 orang guru yang mengikuti MGMP PJOK. Berdasarkan hasil uji keefektifan diperoleh kesimpulan bahwa bahan diklat efektif digunakan pada MGMP PJOK untuk sekolah menengah pertama. Kesimpulan ini diperoleh dari data nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 4,27 dan berdasarkan pada rentang skala 4,21 – 5,00 dan berada pada kategori sangat efektif. Keefektifan bahan diklat sekaligus menunjukkan bahwa MGMP PJOK sangat dibutuhkan kehadirannya dalam proses diklat di MGMP PJOK. Bahan diklat ini digunakan dalam rangka untuk menjadi pedoman atau pegangan baik pengurus, instruktur, dan guru dalam melaksanakan kegiatan MGMP.Keempat, pengembangan bahan Diklat MGMP PJOK dilakukan dengan memerhatikan kurikulum yang berlaku nasional. Pengembangan ini juga dilakukan atas dasar kebutuhan guru di sekolah dalam mendesain dan mengajarkan PJOK.

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: PASCASARJANA > ILMU PENDIDIKAN - (S3)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 08:17
Last Modified: 09 Feb 2018 08:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4734

Actions (login required)

View Item View Item