Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make a Match pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Segiempat (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Suwardi Annas)

A. Sriyanti, A. Sriyanti (2014) Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make a Match pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Segiempat (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Suwardi Annas). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
A. Suriyanti. 2014.docx

Download (15kB)

ABSTRAK SRIYANTI. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make a Match pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar, Materi pokok Segiempat (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Suwardi Annas)Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan model kooperatif tipe Make a Match pada materi Segiempat. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP LPP UMI Makassar dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dipilih menggunakan teknik Purposive sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial.Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 89,93 dan standar deviasi 3,33. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 86,50 dan standar deviasi 6,63 Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif.Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan α=0,05 dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match dengan materi pokok Segiempat dikelas VII SMP LPP UMI Makassar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: ?? sch_mat ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/473

Actions (login required)

View Item View Item