PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN, IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU

Hajerina, Hajerina (2014) PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN, IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU. S2 thesis, Pascasarjana.

[img] Text
Artikel Hajerina.docx

Download (98kB)

ARTIKEL THE INFLUENCE OF LEARNING FACILITY, CLASSROOM CLIMATE, STUDENTS ATTITUDE, AND LERANING MOTIVATION TOWARD MATHEMATICS LEARNING RESULT OF GRADE VIII STUDENTS AT SMP NEGERI IN PALU HAJERINA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR 2014 PENGARUH FASILITAS PEMBELAJARAN, IKLIM KELAS, SIKAP SISWA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI DI KOTA PALU (The Influence of Learning Facility, Classroom Climate, Students’ Attitude, and Learning Motivation toward Mathematics Learning Result of Grade VIII Students at SMPN in Palu). HAJERINA, MUH. ARIF TIRO, SUWARDI ANNAS ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh fasilitas pembelajaran matematika dan iklim kelas matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu.Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Palu tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan tehnik two-stage proporsional stratified random sampling yang berjumlah 198 siswa. Instrumen yang digunakan: (1) Skala fasilitas pembelajaran matematika, (2) skala iklim kelas matematika, (3) skala sikap terhadap matematika, (4) skala motivasi belajar matematika, (5) tes hasil belajar matematika kelas VIII. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri di kota Palu memiliki fasilitas pembelajaran matematika dengan kategori tinggi, iklim kelas matematika dengan kategori tinggi, sikap terhadap matematika dengan kategori tinggi, motivasi belajar matematika dengan kategori tinggi, dan hasil belajar matematika dengan kategori rendah; (2) Fasilitas pembelajaran matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing – masing 0,18 dan 0,05; (3) Iklim kelas matematika berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap siswa dan motivasi belajar siswa dengan besar pengaruh masing – masing 0,16 dan 0,20. Kata Kunci: Hasil belajar, fasilitas pembelajaran, iklim kelas, sikap siswa, dan motivasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 05:37
Last Modified: 09 Feb 2018 05:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4720

Actions (login required)

View Item View Item