Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika pada Model Kooperatif dengan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Satap Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep

Uswat, Nurul Aulia (2014) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Statistika pada Model Kooperatif dengan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer untuk Siswa Kelas IX SMP Negeri 5 Satap Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN STATISTIKA PADA MODEL KOOPERATIF DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN KOMPUTER UNTUK SISWA KELAS IX SMP NEGERI 5 SATAP LIUKANG TUPABBIRING KABUPATEN PANGKEP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nurul Aulia Uswat, S.Si, S.Pd. 2014.. (Dibimbing oleh Djadir dan Hisyam Ihsan) Beberapa penelitian tentang penggunaan komputer pada pengajaran matematika di sekolah menunjukkan peningkatan hasil yang positif. Penggunaan komputer pada pengajaran dapat menghemat waktu pembelajaran serta meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Selain itu, pegintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam pembelajaran merupakan tuntutan dari kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Subyek uji coba produk adalah siswa kelas IX SMP Negeri 5 Satap Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran statistika pada model kooperatif dengan media pembelajaran berbantuan komputer yang valid, reliabel, praktis dan efektif. Prosedur pengembangan yang digunakan dimodifikasi dari teori pengembangan model 4-D oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Tahapan yang ditempuh yaitu: (a) Pendefinisian, (b) Perancangan, (c) Pengembangan, dan (d) Penyebaran. Untuk mengukur kualitas digunakan kriteria antara lain: (1) kevalidan dengan intrumen lembar validasi, (2) kepraktisan dengan instrumen lembar pengamatan keterlaksanaan, dan (3) keefektifan dengan instrumen lembar pengamatan aktivitas siswa dan guru, angket respons siswa, dan tes hasil belajar. Hasil dari penelitian ini berupa produk, yaitu: (1) Media pembelajaran berbantuan komputer, (2) RPP, (3) Buku siswa, (4) LKS. Berdasarkan penilaian ahli media dan ahli materi, perangkat pembelajaran dengan media pembelajaran berbantuan komputer yang dikembangkan termasuk kategori valid dan reliabel. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk telah memenuhi kriteria kepraktisan dan keefektifan. Kata Kunci: Pengembangan perangkat, model kooperatif, media pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 05:25
Last Modified: 09 Feb 2018 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4718

Actions (login required)

View Item View Item