Tradisi Massawa’ (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Turucinnae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone) Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Musdaliah Mustadjar dan Firdaus W Suhaeb).

Jumardin, jufri (2014) Tradisi Massawa’ (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Turucinnae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone) Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Musdaliah Mustadjar dan Firdaus W Suhaeb). S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Jumardin jufri, 2014..docx

Download (13kB)

ABSTRAK Jumardin jufri, 2014. Tradisi Massawa’ (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Turucinnae Kecamatan Lamuru Kabupaten Bone) Skripsi. Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Musdaliah Mustadjar dan Firdaus W Suhaeb). Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui dan memahami masih bertahannya tradisi Massawa’ dapat sampai sekarang, kemudian nilai-nilai sosial yang terkandung didalam tradisi Massawa’. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus dan mengambil lokasi penelitian di Desa Turucinnae kecamatan Lamuru Kabupaten Bone. Teknik pengambilan informan yang di gunakan adalah purposive sampling yaitu memilih informan berdasarkan karakteristik yang telah ditetapkan yaitu informan yang benar-benar mengetahui tradisi tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif kualitatif yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1).masyarakat desa Turucinnae masih tetap menjalankan dan mempertahankan tradisi Massawa’ sampai sekarang karena masyarakat mempercayai dan meyakini bahwa apa yang mereka lakukan akan memberi dampak bagi keberlangsungan hidup mereka. (2).Adanya nilai- nilai sosial didalam tradisi Massawa’ yaitu: nilai solidaritas, nilai mendarah daging, nilai spiritual. Tradisi yang dianggap oleh masyarakat pendukungnya masih bernilai positif akan terus dipertahankan. Dan menjalin interaksi atau hubugan-hubungan baik antara masyarakat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/471

Actions (login required)

View Item View Item