Penerapan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng

BEDDU, HALIMAH (2016) Penerapan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa SMP Negeri 1 Liliriaja Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
PENERAPAN KONSELING KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF ESTEEM SISWA SMP NEGERI I LILIRIAJA KABUPATEN SOPPENG.pdf

Download (833kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK HALIMAH BEDDU 2016, .(dibimbing oleh Kustiah Sunarty dan Kulasse Kanto). Self esteem adalah penilaian diri anak akan kekuasaan, keberartian, kebijakan serta kemanpuan yang dimilikinya. Akan tetapi tidak semua anak dapat menilai self esteem yang dimilikinya dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (i) Bagaimana gambaran penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan self esteem siswa? (ii) Bagaimanakah gambaran self esteem siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok? (iii) Apakah penerapan konseling kelompok dapat meningkatkan self esteem siswa ? Tujuan penelitian ini adalah (i) Untuk mengetahui gambaran penerapan konseling kelompok dalam meningkatkan self esteem siswa (ii) Untuk mengetahui gambaran self esteem siswa sebelum dan sesudah penerapan konseling kelompok (iii) Untuk mengetahui penerapan konseling kelompok dapat meningkatkan self esteem siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan eksperimental dengan desain penelitian one-group pretest¬-postest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX yang berjumlah 8 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan skala. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa (i) Pelaksanaan konseling kelompok dalam meningkatkan self esteem siswa dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang sudah dirancang melalui 4 tahap konseling kelompok yaitu tahap pembetukan, tahap peralihan dengan penentuan masalah yang diangkat, tahap kegiatan dengan pembagian peran dilanjutkan dengan proses konseling dan ditutup dengan tahap terkahir. (ii) Self esteem siswa sebelum penerapan konseling kelompok, berada pada kategori rendah. Namun setelah penerapan konseling kelompok, self esteem siswa berada pada kategori tinggi. (iii) Penerapan konseling kelompok dapat meningkatkan self esteem siswa. Artinya siswa yang diberikan konseling kelompok menunjukkan peningkatan tingkat self esteem. Kata Kunci: Konseling kelompok, Self Esteem.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
FAKULTAS TEKNIK
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 09 Feb 2018 02:49
Last Modified: 09 Feb 2018 02:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/4701

Actions (login required)

View Item View Item