Pengaruh kompetensi profesional guru sosiologi Terhadap Hasil Belajar Ssiswa di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si dan H. Dr Muhammad syukur,M,Si. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar.

Hermansya, Hermansya (2014) Pengaruh kompetensi profesional guru sosiologi Terhadap Hasil Belajar Ssiswa di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si dan H. Dr Muhammad syukur,M,Si. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
Hermansyah 2014.docx

Download (14kB)

ABSTRAK Hermansya . 2014. Pengaruh kompetensi profesional guru sosiologi Terhadap Hasil Belajar Ssiswa di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru. Skripsi. Dibimbing oleh Prof.Dr. Andi Agustang, M.Si dan H. Dr Muhammad syukur,M,Si. Program Studi Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: (1) seberapa besar pengaruh kompetensi penguasaan keilmuan guru terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja (2) seberapa besar pengaruh penguasaan media guru terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja (3) seberapa besar pengaruh penguasaan metode guru terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Soppeng Riaja (4) seberapa besar pengaruh penguasaan keilmuan,,media dan metode secara bersama-sama terhadap hasil belajar siwa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Soppeng riaja. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 270 orang dengan jumlah sampel 70 orang yang di tentukan dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil dari analisis deskriftif menunjukkan bahwa kopetensi perofesional guru sosiologi di SMA Negri 1 Soppeng Riaja berada pada kategori baik sebesar 0,70 atau70%, salah satu indikator kompetensi profesional yang paling dominan ialah penguasaan media yang berada dalam kategori baik sebesar 0,54 atau 54%, hasil blajar sosiologi berada pada kategori baik sebesar 0,54 atau 54% (1) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan keilmuan guru dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,06 atau 60% (2) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan media guru dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar,0,024 atau 24 % (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan metode guru dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,030 atau 30 %.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: ?? sch_soc ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Apr 2016 05:51
Last Modified: 27 Apr 2016 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/470

Actions (login required)

View Item View Item