Pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labakkang.

Aslinda, Aslinda (2014) Pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labakkang. S1 thesis, universitas negeri makassar.

[img] Text
ASLINDA,.docx

Download (13kB)

ABSTRAK ASLINDA, 2014. Pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labakkang. Skripsi. Dibimbing oleh Supriadi Torro dan Musdaliah Mustadjar. Program Studi Pendidikan Sosiologi. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pola interaksi antara guru dan siswa terhadap hasil belajar siswa, untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar bervariasi terhadap hasil belajar siswa, dan untuk mengetahui pengaruh pemberian tantangan dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Labakkang Kabupaten Pangkep. Adapun populasi penelitian ini adalah semua guru sosiologi yang berjumlah 2 orang dan siswa kelas X dan kelas XI IPS yang berjumlah 336 orang. Dari populasi tersebut diambil sampel 20% yaitu sebanyak 67 orang siswa dari kelas X dan XI IPS dengan menggunakan tekhnik stratified random sampling (pengambilan sampel berstrata). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan pola interaksi guru dan siswa memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 11,2%, untuk keterampilan mengajar bervariasi memberikan pengaruh sebesar 16% terhadap hasil belajar siswa, dan pengaruh keterampilan pemberian tantangan terhadap hasil belajar siswa adalah 9,5%. Jadi, keterampilan pengelolaan kelas memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa khususnya mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labakkang. Dari hasil analisis data penelitian dapat diketahui bahwa besar pengaruh keterampilan pengelolaan kelas terhadap hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran sosiologi di SMA Negeri 1 Labakkang yaitu 37%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar dari penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Sosiologi
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 06:49
Last Modified: 25 Apr 2016 06:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/47

Actions (login required)

View Item View Item